Langsung ke konten utama

Terjemahan dan Penjelasan Daodejing 道德經 (Bab 59) Kesederhanaan sebagai Pembiasaan Diri sejak Dini

Bab 59 Kesederhanaan sebagai Pembiasaan Diri sejak Dini

治人事天莫若嗇。

Dalam mengatur manusia dan selaras dengan langit, tidak ada yang lebih baik daripada bersikap hemat

夫唯嗇,是謂早服;

Hanya dengan bersikap hemat, inilah yang disebut pembiasaan diri sejak dini

早服謂之重積德;

Pembiasaan diri sejak dini ini disebut sebagai menumpuk kebajikan secara mendalam

重積德則無不克;

Dengan memupuk kebajikan secara mendalam, maka tiada hal yang tidak bisa diatasi

無不克則莫知其極;

Jika tidak ada yang tidak bisa diatasi, maka tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui sejauh mana batas kekuatannya

莫知其極,可以有國;

Karena tidak ada yang tahu batas kekuatannya, maka sangatlah layak untuk memimpin negara

有國之母,可以長久;

Adanya sosok “ibu” dari negara, maka akan dapat bertahan lama

是謂深根固柢,長生久視之道。

Ini yang disebut akar yang dalam dan dasar yang kokoh, jalan menuju hidup yang panjang dan kebijaksanaan yang tak pudar


Penjelasan:

sè = penghematan / kesederhanaan. Dalam hal ini se bukan hanya dalam materi, tapi juga tidak berlebihan, menahan diri, menyimpan energi, atau menghindari pemborosan energi untuk nafsu ataupun hal lainnya. Dalam konteks Taoisme, kesederhanaan mencerminkan “wu wei” yang selaras dengan Tao. Orang yang telah memahami Tao, biasanya hidupnya akan sederhana, tidak banyak nafsu keinginan dan tidak perlu sesuatu yang berlebihan untuk bisa hidup bahagia.

Kesederhanaan dan pengendalian hasrat serta tidak berlebihan dalam tindakan adalah bentuk dari 早服 zǎo (pembiasaan diri atau persiapan diri sejak awal). Inti ajaran Lao Zi di sini adalah pencegahan atau persiapan lebih baik daripada pengobatan. Mengendalikan diri sejak awal bukanlah kelemahan melainkan akan membawa kestabilan jangka panjang dan ibarat membangun dasar kebajikan yang dalam dan kuat. Dengan membangun kebajikan yang mendalam, maka seseorang akan mempunyai batin yang stabil, tidak bereaksi berlebihan terhadap situasi luar, dan selalu mengambil keputusan secara jernih. Ini akan membuat orang tersebut bisa mengatasi segala masalah yang ada di dunia. Karena orang tersebut dapat mengatasi segala hal, maka tidak ada orang yang tahu batas kemampuan dan kekuatannya. Kalau sudah begini, maka orang tersebut sangatlah cocok untuk memimpin sebuah negara. Pemimpin sejati bukan orang yang banyak bicara atau yang keras menindas, melainkan adalah seseorang yang berkebajikan mendalam serta tidak terikat dengan ego atau ambisi pribadi. Maka diibaratkan sebuah negara seperti memiliki sosok ibu yang mengayomi. Kalau sudah begitu, maka pemerintahan akan bertahan lama. Inilah yang disebut sebagai akar yang dalam dan kokoh yang akan menciptakan stabilitas sehingga pemerintahannya akan berjalan panjang serta memiliki kebijaksanaan yang tidak pudar ataupun pandangan-pandangan yang jauh ke depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemahan dan Penjelasan 彌勒救苦真經 Mi Le Jiu Ku Zhen Jing (Sutra Sejati Maitreya Menyelamatkan dari Penderitaan)

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan terjemahan bahasa Indonesia dari kitab suci  彌勒救苦真經  Mi Le Jiu Ku Zhen Jing, salah satu kitab suci yang paling sering dibaca oleh para pengikut Yiguandao di vihara mereka. Terjemahan ini adalah hasil terjemahan saya pribadi dengan mengacu dari arti huruf per huruf-nya dan tentunya dibantu dengan referensi beberapa hasil terjemahan dari beberapa kalangan Yiguandao. Terjemahan dan penjelasan saya di sini bukanlah apa yang saya yakini secara pribadi, melainkan adalah arti dan makna dari kalimat per kalimatnya berdasarkan apa yang diyakini oleh kalangan Yiguandao. 

Studi tentang Yiguandao (Bagian 1) - Tiga Masa Pancaran 三陽

Di kalangan Yiguandao (di Indonesia lebih dikenal dengan Aliran Maitreya), kita sering mendengar kata-kata " 道真理真天命真 " yang artinya adalah Tao sejati, Kebenaran sejati dan Firman Tuhan sejati . Karena 理真 kebenaran sejati sering disebutkan di banyak ceramah yang diadakan di vihara kalangan Yiguandao, para umat Yiguandao akan beranggapan apa yang diceramahkan adalah sebuah kebenaran mutlak yang tidak mungkin salah.  Saya pun menyakini demikian selama puluhan tahun. Saya pribadi sebenarnya sudah sejak dulu hobi membaca dan saya adalah tipe orang yang tidak bisa kalau disuruh menelan mentah-mentah sebuah ajaran dan langsung mengyakininya sebagai dasar keyakinan tanpa melakukan crosscek terlebih dahulu. Masalahnya dulu kita punya keterbatasan dalam hal akses sumber literasi. Jaman dulu satu-satunya cara untuk mendapatkan akses ke buku-buku literasi adalah dengan menemukan buku-buku fisiknya. Belum ada internet dan belum ada device-device canggih seperti sekarang. Mendapatkan b...

Terjemahan dan Penjelasan Daodejing 道德經 (Bab 1) Tao dan Nama

Sudah cukup lama, saya tertarik belajar mengenai Tao Te Cing dan baru tahun ini saya mulai serius mempelajarinya. Sebenarnya saya pernah mendengar beberapa kali penjelasan tentang Dao De Jing ini di vihara Yiguandao tempat saya sembayang dulu, tapi saya tidak pernah benar-benar mengerti penjelasannya karena sepertinya apapun bunyi baitnya, penjelasannya selalu diarahkan dengan narasi dan doktrin versi mereka sendiri. Karena itu saya memutuskan untuk belajar sendiri mengenai Tao Te Cing ini langsung dari teks aslinya. Karena saya sudah menguasai sedikit bahasa mandarin, saya mengartikan tiap kata-katanya langsung dari bahasa mandarinnya dibantu dengan kamus untuk memahami lebih dalam per katanya. Untuk membantu pemahaman, saya membaca beberapa buku penjelasan mengenai Tao Te Cing yang bagus salah satunya adalah buku Dao De Jing Kitab Suci Agama Tao tulisan Dr. I. D. Like Msc dan Dao De Jing The Wisdom of Laozi tulisan Andi Wang . Ada juga beberapa buku terjemahan Dao De Jing berbahasa I...