Belajar mengenai bagaimana menyampaikan suatu secara berkesan dan berdampak melalui teknik bercerita dalam buku Stories That Stick oleh Kindra Hall
Alasan dan tujuan saya membaca buku ini adalah untuk mendapatkan insight bagaimana menjadi pembicara yang baik di depan umum. Dan saat membaca halaman-halaman awal dari buku ini, saya cukup tersedot untuk membaca lanjutannya sampai akhirnya secara tidak sadar saya selesai membacanya. Beberapa halaman pertama dari buku ini mengisahkan tentang sebuah cerita ketika penulis bersama suaminya sedang liburan di Eropa dan bertemu dengan seorang penjual parfum bermerk Eight & Bob. Cara penjual parfum tersebut bercerita sungguh-sungguh menarik, sehingga mampu membuat suami dari penulis membeli parfum tersebut bahkan sebelum mencoba aromanya seperti apa. Saya sendiri saat membaca kisah itu, saya juga merasa ceritanya sangat menarik, sehingga entah kenapa saya merasa membaca buku ini tidak seperti membaca buku non-fiksi. Walaupun secara keseluruhan buku ini bukanlah buku yang spesial banget, tapi saya suka dengan gaya penulisannya yang tidak terlalu kaku dan tipe story telling banget.
Pada intinya buku ini memberikan pandangan bagaimana sebuah topik pembicaraan (terutama di depan orang lain, baik satu orang maupun orang banyak) bisa berdampak besar dan berkesan (stick). Caranya adalah menyampaikannya dalam bentuk cerita. Cerita yang disampaikan pun harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu harus ada karakternya yang mudah diidentifikasi (bahasa saya: relate), ada emosi yang nyata, adanya momen yang berarti, dan detail-detail yang spesifik.
Selain itu ada 4 jenis cerita menurut penulis yaitu:
- Value Story yang efektif untuk penjualan dan pemasaran
- Founder Story untuk meningkatkan keyakinan dan kepercayaan kepada tim, investor dan partner kerja
- Purpose Story untuk meningkatkan kinerja tim dan organisasi
- Customer Story untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran
Secara keseluruhan bukunya bagus, alasan utamanya adalah karena bukunya tidak membosankan dan enak dibaca, dan paling tidak pasti memberikan semacam pandangan atau inspirasi baru, terutama untuk orang-orang yang sering berhadapan dengan orang lain ataupun yang sering berbicara di depan umum.
Komentar