Langsung ke konten utama

Daftar 10 Film Terbaik yang Rilis di tahun 2023 Versiku

Film-film yang rilis di tahun 2023 menurutku tidak kalah bagus dengan film-film yang rilis di tahun 2022. Dari list yang kubuat tahun lalu, ada cukup banyak film berkualitas tinggi yang bahkan tidak masuk list. Di tahun 2023 ini, kondisinya masih mirip-mirip, di mana ada cukup banyak film bagus yang dirilis, sampai-sampai ada beberapa film yang kusuka yang tidak masuk list ini. Yang sedikit berbeda, film-film terbaik tahun 2023 ini kebanyakan diangkat dari kisah nyata. Berikut adalah daftar 10 film terbaik keluaran tahun 2023 versiku : 

1. 倒数说爱你 Yesterday Once More

Film ini terutama bercerita tentang kekasih masa kecil Gu Yu Xuan dan Han Shu Yan yang bertemu dan jatuh cinta lagi setelah bertahun-tahun, tetapi sebuah kecelakaan menyebabkan mereka jatuh ke dalam siklus ruang dan waktu, dan nasib mereka pun harus ditulis ulang. Jujur saya tidak ingat terakhir kali nonton film mandarin yang bener-bener bagus banget sampe bisa membuat saya sangat terkesan dan membuat saya menfavoritkan film tersebut, apalagi dari genre romance. Film ini menurut saya berhasil mencuri hati saya dan saya nobatkan sebagai film romance mandarin terbaik yang pernah dibuat. Ya... sebagus itu sih...



2. 12th Fail

Film ini berdasarkan kisah nyata seorang anak dari Chambal yang bermimpi menjadi petugas IPS meskipun latar belakang akademisnya buruk. Sewaktu kecil, dia melihat seorang petugas kepolisian yang menegakkan nilai-nilai kejujuran di tengah masyarakat yang sangat bobrok dan korup sehingga dia sangat terinspirasi dan merasa terpanggil untuk menjadi petugas yang dia lihat tersebut. Dia menghadapi banyak rintangan dan berjuang untuk mempersiapkan ujian UPSC. Film ini menunjukkan perjalanan ketekunan dan keberanian orang-orang yang berjuang melawan segala rintangan

3. Budi Pekerti

Salah satu film karya anak bangsa yang punya kualitas sangat tinggi sekaligus punya pesan moral yang sangat bagus di dalamnya. Berlatar di Yogyakarta selama masa pandemi, film ini menceritakan kisah seorang guru BK bernama Bu Prani yang terlibat perselisihan saat belanja kue putu legendaris di pasar. Perselisihan tersebut direkam dan diunggah di media sosial sehingga menyebabkan terjadinya cyber bullying kepada Bu Prani.

4. Godzilla Minus One

Godzilla Minus One adalah film kaiju Jepang yang mengambil latar belakang di Jepang pasca Perang Dunia II. Setelah perang, Jepang berada pada titik terendahnya ketika krisis baru muncul dalam bentuk monster raksasa yang diberi nama Godzilla. Monster ini memiliki kekuatan mengerikan yang berasal dari bom atom. Koichi Shikishima, seorang pilot Kamikaze yang selamat, merasa telah menghindari kematian terlalu banyak kali. Namun, ketika dia gagal mengalihkan perhatian monster dan para insinyur pesawat perang meninggal, rasa bersalah yang luar biasa menghantuinya. Ya film ini seolah-olah menunjukkan, beginilah seharusnya film-film Godzilla dibuat. Ketimbang film-film Godzilla versi Hollywood yang menurutku agak-agak terlalu lebai dan action oriented, film ini punya kedalaman cerita yang mantap. By far, menurutku film ini adalah film Godzilla terbaik yang pernah dibuat.



5. Missing

Film “Missing” mengisahkan tentang pencarian yang dilakukan oleh seorang remaja bernama June (diperankan oleh Storm Reid) untuk mencari keberadaan ibunya, Grace (diperankan oleh Nia Long). Kisah ini bermula ketika ibu June pergi berlibur ke Kolombia bersama pacar barunya, Kevin (diperankan oleh Ken Leung). Namun, setelah seminggu berlalu, Grace dan Kevin belum kembali. June, yang berada di Los Angeles dan terpisah ribuan kilometer jauhnya dari Kolombia, memutuskan untuk menghubungi FBI untuk meminta bantuan. Namun, upaya-upaya yang dilakukan oleh FBI tidak memberikan hasil yang memuaskan. June kemudian menggunakan seluruh kreativitas dan teknologi yang dia miliki, termasuk sosial media, untuk menelusuri keberadaan ibunya sebelum terlambat. 

6. Soulmate

Remake dari film mandarin berjudul sama yang dirilis tahun 2016. Saya sih belum nonton film originalnya. Film ini mengisahkan persahabatan dua perempuan, Mi-so (diperankan oleh Kim Da-mi) dan Ha-eun (diperankan oleh Jeon So-nee), yang bertemu pertama kali di Pulau Jeju pada tahun 1988. Mereka berjanji untuk tidak pernah berpisah, tetapi hubungan mereka diuji ketika Ha-eun menjalin hubungan dengan teman sekelasnya Jin-woo (diperankan oleh Byeon Woo-seok). Film ini benar-benar menyentuh dan persahabatan di antara mereka berdua terasa sangat nyata sangking bagusnya akting mereka berdua. 

7. One Life

Kisah nyata tentang Sir Nicholas ‘Nicky’ Winton, seorang broker muda di London yang selama bulan-bulan menjelang Perang Dunia II menyelamatkan lebih dari 600 anak dari Cekoslowakia yang diduduki oleh Nazi. Bisa dibilang ini versi Inggrisnya Oskar Schindler. Kisahnya sendiri terpusat pada Desember 1938, di mana Nicholas Winton mengunjungi Praha dan saat itu dia menyadari urgensi untuk menyelamatkan anak-anak dari bahaya pendudukan Nazi di Czechoslovakia. Dengan memulai perlombaan melawan waktu, Winton berhasil meyakinkan Trevor Chadwick dan Doreen Warriner dari British Committee for Refugees in Czechoslovakia untuk menyelamatkan ratusan anak, terutama anak-anak Yahudi, sebelum perbatasan ditutup oleh Nazi. 

8. Sound of Freedom

Film ini berdasarkan kisah nyata seorang agen pemerintah yang menyelamatkan anak-anak dari perdagangan seks di Kolombia. Film ini menyoroti Operasi Underground Railroad yang dipimpin oleh Tim Ballard, sebuah organisasi anti-perdagangan seks. Meskipun didasarkan pada kehidupan nyata Tim Ballard, beberapa jurnalis investigasi telah menulis tentang perbedaan antara peristiwa dalam film dengan kenyataan. Meskipun demikian, film ini menjadi salah satu film independen paling sukses dalam sejarah, dengan pendapatan sebesar 250 juta dolar dari anggaran produksi sebesar 14,5 juta dolar.

9. Air

Berdasarkan kisah nyata tentang asal-usul sepatu basket Air Jordan. Film ini berkisah mengenai seorang karyawan Nike bernama Sonny Vaccaro yang berusaha untuk mencapai kesepakatan bisnis dengan pemain calon mega bintang Michael Jordan. Dikisahkan kala itu, di tahun 1984, Nike, Inc. hampir menutup divisi sepatu basket mereka karena penjualan yang rendah di antara para pesaingnya. Film ini menggambarkan perjuangan untuk mempertahankan divisinya dan bagaimana Michael Jordan menjadi wajah ikonik di dunia sepatu basket. Film ini dibintangi oleh multi bintang antara lain Matt Damon, Ben Affleck, Jason Bateman, Chris Tucker, dan Viola Davis. Salah satu yang membuatku suka dengan film ini tentu saja karena saya adalah fans berat Michael Jordan.


10. Tetris

Berdasarkan peristiwa nyata tentang perlombaan untuk mengamankan lisensi dan paten permainan video Tetris dari Rusia pada akhir 1980-an selama Perang Dingin. Film ini bercerita mengenai Henk Rogers yang terpikat dengan game Tetris saat di Consumer Electronics Show dan perjalanannya untuk mengamankan hak lisensi game tersebut. Film ini berlatar di akhir 1980-an di mana saat itu sedang terjadi Perang Dingin antara Amerika melawan Uni Soviet. Film ini memberikan wawasan tentang bagaimana industri game video dulu dan kisah di balik kesuksesan game legendaris Tetris. Menonton film ini juga seperti nostalgia dengan game-game masa kecil dulu.


Honorable Mentions :

Banyak orang menganggap Oppenheimer itu adalah film terbaik di tahun 2023. Sayang sekali kali ini saya tidak sependapat. Ya, memang filmnya bagus banget, tapi entah kenapa aku gak bisa suka sampai kayak gimana sih. Masih lebih bagus film-film Nolan yang lainnya. Beberapa film keluaran tahun 2023 yang menurutku sangat berkesan buatku adalah sebagai berikut :

  • Oppenheimer
  • A Million Miles Away
  • Past Lives
  • Blackberry
  • Mission Impossible: Dead Reckoning Part One
  • The Equalizer 3
  • Teenage Mutant Ninja Turtles Mutant Mayhem
  • Nimona
  • Dumb Money


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Tiger Wong, Komik Kungfu Populer asal Hongkong di tahun 90an

Bagi kalian yang lahir di tahun 1970-1990 an, tentu tidak asing dengan tokoh legendaris yang bernama Tiger Wong. Tiger Wong adalah judul salah satu komik karya Tony Wong yang berjudul asli 龍虎門 (Long Hu Men) atau lebih dikenal dengan sebutan Oriental Heroes di beberapa negara. Di Indonesia, sebelum rilisnya komik Long Hu Men yang dirilis M & C, tidak banyak yang mengenal Long Hu Men / Oriental Heroes, orang lebih mengenal komik ini dengan nama Tiger Wong . Komik ini begitu seru dan menarik sampai saya pribadi dulu juga selalu tidak sabar menunggu kelanjutan dari cerita komik ini setiap minggunya. Banyak para milenial atau mungkin generasi X yang merupakan fans dari serial ini mungkin tidak tahu bahwa komik Tiger Wong yang dulu kita baca ternyata hanyalah separuh dari keseluruhan komik aslinya. Ingin tahu lebih banyak tentang Tiger Wong? Baca terus sampai habis ya. Sejarah dari Komik Tiger Wong Tiger Wong atau lebih dikenal secara internasional dengan nama Oriental Heroes adalah manh

Sejarah 一貫道 YiGuanDao / I-Kuan Tao (Bagian 1) - Asal Usul dan Sejarah Terbentuknya YiGuan Dao

Berbicara Yiguandao maka kita tidak bisa mengabaikan 太平道 Taiping Dao , sekte Taois yang didirikan oleh 張角 Zhang Jue , pemimpin dari kelompok Yellow Turban di jaman Samkok (200 SM - 220 M). Asal usul kebanyakan sekte dan kelompok keagamaan di Tiongkok saat ditelusuri sebagian besar mengarah ke Taiping Dao ini.  Sekte-sekte di Tiongkok sebagian besar merupakan hasil dari penindasan negara atau penguasa waktu itu. Di antara gerakan-gerakan keagamaan "heterodoks" yang ada, Sekte Teratai Putih ( 白蓮教 Bailian Jiao ) adalah salah satu yang terkenal.  Berasal dari tradisi Buddhis yang sepenuhnya ortodoks, Sekte Teratai Putih akhirnya diberi label heterodoks pada Dinasti Yuan (1271-1368). Sejak saat itu, istilah Bailian Jiao secara umum digunakan oleh para pejabat kekaisaran untuk menyebut semua gerakan yang di sebut "heterodoks". Bagi yang suka menonton film kungfu, Sekte Teratai Putih ini juga muncul di salah satu film Jet Lee yang berjudul  Once Upon a Time in China II at

7 Mie Instan Vegetarian Paling Enak versiku

 Salah satu makanan paling favorit saya adalah mie. Kalau berbicara tentang mie, tentu salah satu pilihan yang banyak digemari orang adalah mie instan. Selain murah harganya, mie instant juga rasanya sangat nikmat. Siapa sih yang tidak suka dengan mie instan? Indonesia sendiri adalah negara yang terkenal akan mie instannya yang cukup mendunia (Indomie). Bahkan beberapa media seperti CNN, LA Times , Bon Appetite menempatkan Indomie sebagai mie instan terenak di dunia. Di youtube kita bisa melihat bahwa ternyata Indomie tidak saja digemari oleh orang Indonesia, melainkan juga orang-orang manca negara. Lalu, bagaimana dengan saya yang seorang vegetarian? Apakah saya bisa menikmati mie instant layaknya orang yang non vegetarian? Karena Indomie mengandung bahan-bahan hewani, memang saya saat ini tidak lagi makan Indomie. Saya tentu pernah mencoba Indomie di saat saya masih remaja dulu di saat saya belum bervegetarian. Kalau sekarang, saya tentu hanya menyantap mie instan yang memang tidak m