Langsung ke konten utama

Review Buku : Rahasia Membeli Emas dengan Harga Diskon 50% - Ryan Filbert, Abraham Santosa

Kali ini saya akan menreview sebuah buku karangan salah satu trader Indonesia yang namanya mulai dikenal sejak memerangi ponzi di tahun 2021. Buku nya berjudul “Rahasia Membeli Emas dengan Harga Diskon 50%”. Buku ini setebal 157 halaman dan ditulis oleh 2 orang yaitu Ryan Filbert, seorang Youtuber yang kadang-kadang saya tonton videonya dan Abraham Santosa, seorang trader yang juga punya channel youtube dan dikenal karena cara tradingnya yang memang sedikit tidak biasa dibandingkan trader-trader forex pada umumnya. Saya pribadi mengenal langsung Abraham Santosa karena berada 1 grup di grup telegram SEA Monkey, sebuah grup yang memerangi skema ponzi berkedok robot trading yang populer di tahun 2020-2021.

Pertama2 yang saya suka dari buku ini adalah bahasa yang digunakan di buku ini enak untuk dibaca jadi tidak terasa membosankan dan gak terasa seperti buku berat saat membacanya. Saya suka analogi-analogi yang digunakan seperti contoh mengambil contoh beli rumah dengan DP 50% yang disampaikan di bab 2.

Untuk beberapa bab saya skip karena sebagian besar adalah hal2 yang saya sudah sangat familiar karena saya pribadi juga berkecimpung di dunia ini sudah cukup lama. Hal yang menarik yang juga menjadi daging dari buku ini adalah di bab 6. Bab ini membahas tentang leverage menurut versi Abraham



Santosa yang sedikit berbeda dengan pemahaman orang orang pada umumnya. Pemahaman akan leverage inilah yang menjadi dasar untuk bisa memperlakukan emas ini layaknya investasi agar kita tidak terjebak seperti kebanyakan orang yang memperlakukan leverage secara sembrono.

Leverage menurut buku ini dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Leverage statis

Leverage menurut sudut pandang broker dan sebagian besar trader di luar sana. Sebagai contoh  waktu membeli 1 lot emas yang harganya $1.900. Seharusnya kita butuh Nilai Transaksi Sebenarnya (NTS) sebesar $190.000. Tapi dengan menggunakan broker forex yang misalnya saja punya leverage 1:100, maka kita hanya perlu punya uang sebesar $1.900 saja. Dan ini akan masuk dalam kolom margin.

2. Leverage dinamis

    Ini yang dimaksud sebagai leverage sejati yang merupakan Rasio Perbandingan antara NTS dan Balance.

    Jadi dari contoh di atas misal modal kita sebesar $19.000, maka leverage dinamis kita adalah 1:10 (NTS 190.000/Modal 19.000).

    Dengan memahami konsep ini, sebenarnya kita bisa menggunakan broker2 forex ini sebagai alat untuk investasi emas secara jangka panjang. Saya pribadi memang gak pernah kepikiran untuk menggunakan broker-broker forex untuk investasi. Dan jujur setelah membaca buku ini, saya jadi paham mengenai konsep leverage yang benar. Seperti yang Abraham bilang, banyak trader-trader di luar sana yang tidak paham dengan konsep leverage ini secara benar, sehingga tidak tahu bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat resiko dari tradingnya, termasuk juga saya.

    Walaupun buku ini sebetulnya cukup pendek, isinya cukup mantap dan membuka pikiran saya. Jujur saya hanya butuh 1 hari saja untuk selesai membacanya. Mungkin ini disebabkan karena gaya bahasanya yang enak dibaca dan topik yang dibahas saya sebagian besar sudah tahu, jadi saya bisa membacanya dengan cukup cepat.

    Jadi kesimpulan akhir dari buku ini, adalah bahwa memungkinkan untuk investasi emas dengan harga hanya separuh atau bahkan kurang, yaitu dengan cara memasang posisi XAU/USD di broker-broker forex yang memang umumnya punya leverage besar. Dan dengan memahami konsep leverage yang benar, kita akan terhindar dari resiko besar yang umumnya dihadapi orang yang tidak paham arti dari leverage secara benar.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Sejarah Tiger Wong, Komik Kungfu Populer asal Hongkong di tahun 90an

    Bagi kalian yang lahir di tahun 1970-1990 an, tentu tidak asing dengan tokoh legendaris yang bernama Tiger Wong. Tiger Wong adalah judul salah satu komik karya Tony Wong yang berjudul asli 龍虎門 (Long Hu Men) atau lebih dikenal dengan sebutan Oriental Heroes di beberapa negara. Di Indonesia, sebelum rilisnya komik Long Hu Men yang dirilis M & C, tidak banyak yang mengenal Long Hu Men / Oriental Heroes, orang lebih mengenal komik ini dengan nama Tiger Wong . Komik ini begitu seru dan menarik sampai saya pribadi dulu juga selalu tidak sabar menunggu kelanjutan dari cerita komik ini setiap minggunya. Banyak para milenial atau mungkin generasi X yang merupakan fans dari serial ini mungkin tidak tahu bahwa komik Tiger Wong yang dulu kita baca ternyata hanyalah separuh dari keseluruhan komik aslinya. Ingin tahu lebih banyak tentang Tiger Wong? Baca terus sampai habis ya. Sejarah dari Komik Tiger Wong Tiger Wong atau lebih dikenal secara internasional dengan nama Oriental Heroes adalah manh

    Sejarah 一貫道 YiGuanDao / I-Kuan Tao (Bagian 1) - Asal Usul dan Sejarah Terbentuknya YiGuan Dao

    Berbicara Yiguandao maka kita tidak bisa mengabaikan 太平道 Taiping Dao , sekte Taois yang didirikan oleh 張角 Zhang Jue , pemimpin dari kelompok Yellow Turban di jaman Samkok (200 SM - 220 M). Asal usul kebanyakan sekte dan kelompok keagamaan di Tiongkok saat ditelusuri sebagian besar mengarah ke Taiping Dao ini.  Sekte-sekte di Tiongkok sebagian besar merupakan hasil dari penindasan negara atau penguasa waktu itu. Di antara gerakan-gerakan keagamaan "heterodoks" yang ada, Sekte Teratai Putih ( 白蓮教 Bailian Jiao ) adalah salah satu yang terkenal.  Berasal dari tradisi Buddhis yang sepenuhnya ortodoks, Sekte Teratai Putih akhirnya diberi label heterodoks pada Dinasti Yuan (1271-1368). Sejak saat itu, istilah Bailian Jiao secara umum digunakan oleh para pejabat kekaisaran untuk menyebut semua gerakan yang di sebut "heterodoks". Bagi yang suka menonton film kungfu, Sekte Teratai Putih ini juga muncul di salah satu film Jet Lee yang berjudul  Once Upon a Time in China II at

    7 Mie Instan Vegetarian Paling Enak versiku

     Salah satu makanan paling favorit saya adalah mie. Kalau berbicara tentang mie, tentu salah satu pilihan yang banyak digemari orang adalah mie instan. Selain murah harganya, mie instant juga rasanya sangat nikmat. Siapa sih yang tidak suka dengan mie instan? Indonesia sendiri adalah negara yang terkenal akan mie instannya yang cukup mendunia (Indomie). Bahkan beberapa media seperti CNN, LA Times , Bon Appetite menempatkan Indomie sebagai mie instan terenak di dunia. Di youtube kita bisa melihat bahwa ternyata Indomie tidak saja digemari oleh orang Indonesia, melainkan juga orang-orang manca negara. Lalu, bagaimana dengan saya yang seorang vegetarian? Apakah saya bisa menikmati mie instant layaknya orang yang non vegetarian? Karena Indomie mengandung bahan-bahan hewani, memang saya saat ini tidak lagi makan Indomie. Saya tentu pernah mencoba Indomie di saat saya masih remaja dulu di saat saya belum bervegetarian. Kalau sekarang, saya tentu hanya menyantap mie instan yang memang tidak m